Ibadat : Merasa Tidak Mampu


Ibadat
Merasa Tidak Mampu

1 . Lagu pembukaan (Hati Sebagai Hamba)

2 . Tanda Salib dan Salam
P          : Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus
U         : Amin
P          : Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan         
              Persekutuan Roh Kudus beserta kita
U         : Sekarang dan selama-lamanya

Pengantar
Selamat pagi bapa, ibu guru serta teman-teman sekalian, pagi ini kita berkumpul bersama untuk sama-sama mempersiapkan diri dalam Ujian Nasional tahun ajaran 2012-2013. Janganlah kalian merasa tidak mampu untuk melaksanakannya. Banyak sekali anak-anak yang sudah merasa tidak mampu menghadapi Ujian. Janganlah kalian berpikir seperti itu karena kita semua memiliki Bapa yang selalu membantu dan selalu bersama kita saat kita sedang sedih maupun senang, dia adalah sahabat yang setia.

3 . Pernyataan Tobat
I          : Teman-teman sekalian , sekarang marilah kita mohon ampun                        
              kepada Allah bahwa kadang-kadang kita sebagai anak-anak  
              Allah kurang menanggapi kabaikan Allah. Marilah kita hening
              sejenak …     
P+U    : Saya mengaku kepada Allah yang Maha Kuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebabitu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada Para Malaikat dan Orang Kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya kepada Allah Tuhan kita
P          : Semoga Allah yang mahakuasa mengasihi kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.
U          : Amin.

4 . Doa pembukaan
Marilah kita berdoa :
Allah bapa yang mahabaik puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat-Mu atas segala kelimpahan yang Engkau berikan kepada kami hingga saat ini. Berkatilah kami yang memiliki perasaan tidak mampu dalam suatu hal. Jadikanlah kami orang yang optimis dan percaya diri dalam mengahadapi hidup ini. Amin.

5 .  Bacaan Injil : 2 Korintus 4:8-18
·        video

6 .   Renungan
Merasa Tidak Mampu
Banyak orang yang “Merasa Tidak Mampu” dalam berbagai hal dalam kehidupan ini, apalagi dalam hal-hal yang menurutnya besaar. Itu semua didasarin oleh keadaan hidupnya entah karena dia tidak pandai, tidak memiliki harta, tidak terpelajar, dll.
Intinya, dia menganggap rendah apa yang ada pada dirinya sehingga untuk hal-hal yang diluar batas kemampuan dalam bayangan pikirannya ia memiliki mind test “Tidak Mampu”
Perhatikan ayat diatas, Petrus dan Yohanes hanyalah seorang pekerja-pekerja kelas bawah ketika itu oleh kaum Israel.
Namun, apa yang mereka perbuat ??
Dihadapan orang-orang pintar dalam siding jemaat. Merka mampu berkata-kata dengan bijak, mereka mampu melakukan debat yang bahkan lebih baik dari orang-orang yang ada disana. Apakah itu semua oleh karaena mereka yang kaya, pintar, terpelajar, tampan ? Tentu saja bukan !!
Jika anda perhatikan pada perikop-perikop sebelumnya , ada kejadian yang terjadi pada hari pentakonsta . Roh Kudus Allah dicurahkan Yesus ke dunia ini termasuk juga pada para rasulnya itu.
Sebelumnya lagi Petrus adalah orang yang terbatas kebenarannya. Dia menyangkal Yesus 3x sebelum dia disalibkan karena takut menanggung Salib sebagai muridnya. Namun setelah dia menerima Roh Kudus. Perubahan terjadi dalam Roh dan jiwan Petrus juga rasuk-rasul lainnya.
Artinya, jika Roha Allah yang turut bekerja dalam kehidupan kita, maka bagaimanapun kehidupan kita, kita dapat dan disanggupkan-nya melakukan perkara-perkara yang besar. Bukan karena kuat gagahku, namunkarena dai yang berkuasa atas aku, oleh karena itu Roh-Nya yang ada di dalam aku.

7 . Doa umat
1)   untuk pemimpin gereja, Ya Tuhan berkatilah dan lindungilah para pemimpin gereja di seluruh dunia agar dapat memimpin gereja dengan baik.
2)   Untuk abngsa dan Negara, Ya Tuhan sadarkanlah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan sering merugikan masyarakt di Indonesia. Marilah kikta mohon
3)   Untuk keluarga, berkatilah keluarga kami lindungilah dang berkatilah keluarga kami di Indonesia. Marilah kita mohon
4)   Untuk anak-anak kelas 9c yang akan mengikuti ujian, Ya Tuhan berkatilahdan bimbinglah anak 9c agar dapat mengrjakan soal ujian dengan baik dan tuntas. Marilah kita mohon
5)   Untuk bapa dan ibu baru, Ya Tuhan berkatilah para bapa dan ibu guru yang telah membimbing kami dengan baik dan sabar.
8 . Lagu penutup (Allah Peduli)                                 


    SMP Waringin, Bandung 2012/2013
Nama Kelompok:
Christian.M 9c-06
Dewi.A 9c-10
Jesslyn 9c-19
Michael .F 9c-25
Sharon 9c-30
Livia 9c-32
Vanessa 9c-33
Verent 9c-35
                                        


Komentar

Postingan Populer