Naskah Ibadat Agama
Tema : Kasih †
http://www.inrimartha.com/wp-content/uploads/2010/11/JesusHug.png 














Anggota Kelompok :
*   Aaron Somali               9e / 01
*   Anastasia Sherin          9e / 03
*   Gabriella Jessica          9e / 11
*   Giovani                         9e / 12
*   Nathania Trista C.       9e / 25
*   Pauline Natalia            9e / 27
*   Reggie Maurice           9e / 28
*   Shinta Belinda G.         9e / 32
*   Yuliana Cendana        9e / 37

SMP Waringin
Tahun Pelajaran 2012 - 2013
Jl. Kebon Jati No 209
Bandung
† Ibadat
1.      Lagu Pembukaan
 Kasih Pasti Lemah Lembut
Kasih pasti lemah lembut
Kasih pasti memaafkan
Kasih pasti murah hati
Kasih-Mu kasih-Mu Tuhan
Ajarilah kami ini saling mengasihi
Ajarilah kami ini saling mengampuni
Ajarilah kami ini kasih-Mu ya Tuhan
Kasih-Mu kudus tiada batasnya
2.      Tanda Salib dan Salam
P : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U : Amin
P : Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus  beserta kita.  
U : Sekarang dan selama-lamanya.
Pengantar
Bapak, Ibu dan teman-teman yang dikasihiTuhan, pada hari ini kita berkumpul bersama untuk mengucapkan rasa syukur kita kepada Tuhan. Dalam ibadat ini, tema yang diangkat adalah kasih. Kasih memang universal, tapi harus kita sadari, tidak ada kasih sebesar Kristus. Sampai saat ini, kita masih diberikan nafas oleh-Nya, itu merupakan anugrah terbesar Tuhan yang kita terima. Tetapi kita sering tidak mensyukuri rahmat kasih Tuhan, dan sering mengeluh dan menyalahkan Tuhan apabila kita berada dalam masalah.  Maka dari itu, kami sangat memohon pengampunan dari-Nya atas perlakuan kami yang kurang berkenan di hadapan-Nya
3.      Pernyataan Tobat

Ulangan : Tuhan itu pengasih dan penyayang.
I           : Tuhanlah yang mengampuni segala kesalahanmu dan menyembuhkan segala  penyakitmu.
U          : Tuhan itu pengasih dan penyayang.
I           : Dialah yang meluputkan hidupmu dari kematian dan memahkotai engkau dengan kasih setia  dan  rahmat.
U          : Tuhan itu pengasih dan penyayang.
I           : Tuhan tidak akan murka terus menerus, tidak untuk selamanya mengobarkan amarah-Nya.
U          : Tuhan itu pengasih dan penyayang.
I           : Ia tidak memperlakukan kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak membalas sepadan kesalahan kita.
U          : Tuhan itu pengasih dan penyayang.
I           : Semoga Allah yang maha pengasih dan penyayang itu mengasihani kita dan menghancurkan    sumber dosa di dalam hati kita, agar kita layak menerima hidup yang kekal.
U          : Amin.
4.      Doa Pembukaan

Marilah berdoa
Allah Bapa yang maha Kasih, terima kasih atas segala anugerah-Mu yang kudus. Pada ibadat kali ini, kami ingin memohon pengampunan-Mu. Kami sadar atas dosa-dosa yang telah kami perbuat. Dan kami mohon, agar rahmat-Mu dapat menguatkan iman kami sehingga kami tidak jatuh ke dalam dosa yang sama. Kami juga mohon agar kami selalu Kau kuatkan dalam menjalani segala percobaan hidup ini. Semoga tugas perutusan dari-Mu dapat kami laksanakan sesuai dengan kehendak-Mu yang kudus. Amin
5.      Bacaan Injil : Lukas 15 : 11-32
Perumpamaan tentang anak yang hilang
11 Yesus berkata lagi: "Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki. 12 Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.13 Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.14 Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan ia pun mulai melarat. 15 Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya. 16 Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorang pun yang memberikannya kepadanya. 17 Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. 18 Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, 15:19 aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa. 20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.21 Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. 22 Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya. 23 Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. 24 Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria. 25 Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian. 26 Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semuanya itu. 27 Jawab hamba itu: Adikmu telah kembali dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatnya kembali dengan sehat. 28 Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia. 29 Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku. 30 Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia. 31 Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu. 32 Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali.”


6.      Lagu Antar Bacaan
Sentuh Hatiku



Betapa ku mencintai
Segala yang t’lah terjadi
Tak pernah sendiri
Jalani hidup ini
Selalu menyertai

Betapa ku menyadari
Di dalam hidupku ini
Kau slalu memberi
Rancangan terbaik
Oleh karena kasih
Reff :
Bapa Sentuh Hatiku
Ubah hidupku
Menjadi yang baru
Bagai emas yang murni
Kau membentuk bejana hatiku
Bapa ajarku mengerti
Sebuah kasih yang selalu memberi
Bagai air mengalir
Yang tiada pernah berhenti



7.      Renungan

Menonton video yang sesuai dengan tema dan bacaan
Teman-teman, sadar gak sih, selama ini kita cengeng, kita manja, kita selalu minta Tuhan untuk mengurangi penderitaan kita. Tuhan minta kita untuk setia memikul salib kehidupan kita. Tapi, kita selalu mengeluh dan tidak menerima rencana Tuhan. Kita tidak pernah bersyukur, padahal yang Tuhan beri semuanya yang kita butuhkan. Seperti salib tadi, mungkin salib tadi terasa berat, tapi salib itu yang bisa membuat kita melewati jurang yang lebar. Saat kita terpuruk, kita baru ingat sama Tuhan. Kita baru berteriak memanggil nama Tuhan saat kita berada dalam kesusahan. Tapi, apa kita mendengar perkataan Tuhan? Kita gak berani melakukan apa yang Tuhan pinta. Padahal Tuhan sudah siapkan tangga untuk kita di bawah sana. Setelah itu, apa kita mengasihi Tuhan? Kita malah mengejar-ngejar cinta yang lain, padahal Tuhan punya cinta yang lebih besar untuk kita. Kita lebih memilih kesenangan duniawi, daripada memikul salib kita. Kita memilih hadiah-hadiah cantik yang sebenarnya berbahaya untuk kita, dan melupakan salib kita. Kita mengeluh lagi, menganggap Tuhan meninggalkan dan tidak melindungi kita. Padahal kita hanya terkena kerikil-kerikil kecil, sedangkan Tuhan dilempari ribuan batu. Apa kita sadar, selama ini kita sudah meninggalkan Tuhan? Kita seperti anak yang hilang, namun biarpun kita meninggalkan Tuhan, Tuhan selalu membukakan pintu maaf untuk kita. Maukah kita menerima Yesus di hati kita? Sanggupkah kita mencintai Yesus, seperti Yesus mencintai kita?


8.      Doa Umat
P    : Teman-teman yang dikasihi Tuhan, marilah kita memanjatkan doa, permohonan dan harapan kita kepada Tuhan.
1.      Ya Bapa, kami berdoa untuk kami semua yang ada di tempat ini. Semoga Engkau selalu memberikan kami kesehatan dan berkat, terutama untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional yang sebentar lagi kami hadapi. Bimbinglah kami selalu untuk dapat belajar dengan baik dan bersikap jujur dalam mengerjakan soal ujian. Berikan pula hikmat dan kebijaksanaan-Mu yang berlimpah agar kami dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan baik dan teliti dan kami dapat mengingat semua yang sudah kami pelajari.
Kabulkanlah doa kami Ya Tuhan…
2.      Ya Bapa, kami berdoa pula untuk para orangtua kami. Kami berterima kasih karena telah diberikan orangtua yang baik, pengertian, dan selalu ada untuk kami disetiap keadaan apapun. Semoga Engkau selalu memberikan mereka kesehatan, perlindungan dan penyertaan-Mu, berkat yang melimpah, dan kesabaran untuk merawat kami anak-anaknya.
Kabulkanlah doa kami Ya Tuhan…
3.      Ya Bapa, kami berdoa untuk para guru-guru yang sudah mendampingi kami belajar. Kami berterima kasih telah diberikan guru yang setia dan dengan sabar mendidik kami dan memberikan kami banyak ilmu. Semoga semua ilmu yang telah diberikan dapat berguna bagi kami dan masa depan kami serta mereka selalu diberkati oleh-Mu.
Kabulkanlah doa kami Ya Tuhan…
4.      Ya Bapa, kami juga berdoa untuk masa depan kami. Kami bersyukur kepada-Mu karena telah diperbolehkan untuk menuntut ilmu sampai jenjang SMP ini dengan segala fasilitas yang ada, karena kami tahu tak semua orang bernasib baik seperti kami. Kami mohon agar Engkau selalu membimbing dan memberikan jalan yang terbaik untuk masa depan kami dan kami dapat menggapai segala cita-cita yang kami impikan. Tak hanya itu, kami pun berdoa agar kami bisa menjadi orang yang berguna untuk orang lain yang membutuhkan pertolongan.
Kabulkanlah doa kami Ya Tuhan…
5.      Ya Bapa, tak lupa juga kami berdoa untuk sekolah kami SMP Waringin. Kami berterima kasih atas berkat dan penyertaan yang telah Engkau berikan kepada sekolah ini selama 58 tahun lebih. Kami pun berdoa agar sekolah kami dapat terus maju dan berjaya untuk menciptakan pribadi-pribadi baru yang dapat berguna untuk masa yang akan datang dan sekolah kami selalu dilindungi dari segala marabahaya. Kami pun berdoa agar sekolah kami dapat selalu menjadi sekolah unggulan dan selalu diimpikan oleh banyak orang.
Kabulkanlah doa kami Ya Tuhan…

9.      Bapa Kami
P    : Teman-teman yang terkasih, marilah kita memanjatkan doa yang diajarkan oleh Tuhan  Yesus.
Bapa kami yang ada di Surga
Dimuliakanla nama-Mu
Datanglah kerajaan-Mu
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam Surga
Berilah kami rejeki pada hari ini
Dan ampunilah kesalahan kami
Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukan kami ke dalam percobaan
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat


10.  Doa Penutup
Allah Bapa, sumber pengharapan dan kekuatan kami, terima kasih atas rahmat karunia-Mu yang telah Kau curahkan kepada kami. Terima kasih karena Engkau telah menyegarkan lewat ibadat ini. Semoga berkat ibadat ini dapat membuat kami Kau perkenankan ikut serta menikmati kebahagiaan kekal. Bantulah kami agar selalu mensyukuri rahmat kasih-Mu yang Kau curahkan kepada kami. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

11.  Berkat Pengutusan

P          : Teman-teman terkasih, dengan ini ibadat telah selesai.
U          : Syukur kepada Allah
P          : Semoga kita semua selalu dilimpahi oleh berkat Allah yang maha kuasa, dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
U          : Amin.

12.  Lagu Penutup

Karena Kita



Waktu kecil kita merindukan Natal
Hadiah yang indah dan menawan
Namun tak kusadari seorang bayi t’lah lahir
Bawa keselamatan untuk kita

REFF :
Karena kita Dia menderita
Karena kita Dia disalibkan
Agar kita yang hilang diselamatkan
Dari hukuman kekal






Anggota Kelompok :
*      Aaron Somali              9e / 01
*      Anastasia Sherin         9e / 03
*      Gabriella Jessica         9e / 11
*      Giovani                        9e / 12
*      Nathania Trista C.       9e / 25
*      Pauline Natalia           9e / 27
*      Reggie Maurice          9e / 28
*      Shinta Belinda G.        9e / 32
*      Yuliana Cendana         9e / 37
 
 

Komentar

Postingan Populer