Renungan Inpirasi Anak-anak SMP Waringin


Renungan Hari Senin,10 September 2012
Luk 6:6-11 (Jane 9D/18)
Berbicara tentang penyembuhan pada hari Sabat.  Tentu saja perbuatan Yesus menyembuhkan orang sakit sangat tidak disukai oleh orang Farisi. Alasannya adalah bahwa Hukum Taurat melarang orang untuk berbuat  sesuatu pada hari Sabat termasuk berbuat baik seperti menyembuhkan orang sakit. Seperti yang Yesus katakana pada ayat 9 bahwa,”Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, Berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?”
Sebenarnya Injil Lukas  6:6-11  menyangkut  belas kasih Yesus yang tegas pada hari Sabat. Yesus mudah tergerak hati-Nya  apalagi  Ia melihat orang yang menderita. Karena belas kasih-Nya itulah Yesus menyembuhkan seorang yang mati tangan kanannya. Kebetulan perbuatan baik Yesus itu terjadi pada hari Sabat.  Bagi orang Farisi hari Sabat adalah istirahat total dan bekerja pada hari Sabat adalah hal yang tabu.  Mereka sempat berteriak bahwa ada  enam hari kerja. Oleh karena , silakan  datang pada  satu hari tapi jangan pada hari Sabat.
Menangapi  sikap seperti itu Yesus menegaskan  bahwa hari Sabat harus digunakan  dengan baik untuk kemuliaan Allah.  Berbuat baik atau berkarya untuk orang yang sedang menderita  janganlah  dijadikan masalah.  Bukankah  karya seperti itu  justru mendorong  orang untuk memuliakan Allah.
Ya, Bapa, biarlah  aku selalu melakukan perbuatan baik setiap hari sesuai dengan kehendakMu.Amin.

Renungan Hari Selasa, 11 September 2012
Luk 6: 12-19 (Shania 9D/32)
Diceritakan bahwa Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan mengajar, menyembuhkan orang-orang. Dalam kehidupan sehari-hari Yesus mengajarkan pada kita, bahwa Yesus selalu terbuka untuk semua dan sangat menghargai bagi orang-orang yang ingin mengikuti Dia. Yesus juga memberitahuan pada kita semua bahwa Yesus selalu menyembuhkan orang-orang yang sedang sakit, disaat orang itu susah, walaupun tidak langsung dalam jangka waktu dekat, tetapi kalau kita percaya pada-Nya yakinlah akan kesembuhan itu.

Renungan hari Rabu, 12 September 2012
Luk 6: 20-26 (Elizabet Winnie 9D-09)
Ucapan bahagia dan peringatan
“berbahagialah, hai kamu yang miskin, karena kamulah yang empunya Kerayaan Surga”
Kita semua adalah orang miskin dihadapan Allah. Allah lebih sayang dan memperhatikan orang yang rendah hatinya. Allah juga yang selalu memberi perhatian pada orang-orang miskin agar bisa masuk kedalam Kerajaan-Nya yang abadi. Bunda Teresa yang tidak memiliki apa-apa, tetapi tetap melayani sesamanya, karena Bunda Teresa selalu mensyukuri apa yang diterimanya, walaupun ia miskin harta, ia kaya iman akan Tuhan. Tuhan sayang padanya dan selalu memberi dan melayani sesama meskipun ia sendiri hidup miskin. Tuhan, ajarilah kami agar selalu bersyukur atas semua berkat.

Renungan hari Kamis, 13 September 2012
Luk 6: 27-38 (RICKY 9D/29)
KASIHILAH MUSUHMU
          Di dalam hidup ini kadang saya mendapatkan perlakuan yang tidak adil atau ejekan-ejekan dari orang lain. Saya kadang tidak bisa menerima keadaan seperti itu. Sebab saya merasa seperti orang yang ditindas.
          Berdasarkan isi dari bacaan Lukas 6: 27-38 kita diajak untuk mengasihi orang-orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Karena kalau kita membalas perbuatan mereka dengan kejahatan lagi itu berarti kita sama dengan mereka dan dosa kita akan bertambah banyak.

Renungan, 14 September 2012
Yoh 3: 13-17 (Deavina 9D-07)

Renungan, 15 September 2012
Luk 2: 33-35 (Brigitta Natalie 9D-03)

Komentar

Postingan Populer